.content{z-index:1;} .ad-left, .ad-left img {left:0px} .ad-right, .ad-right img {right:0px} .ad-left, .ad-right {bottom:0px; min-width:0px; max-width:120px; height:100%; text-align:center; white-space: nowrap; position: absolute; z-index:0; overflow:hidden; margin:0px; padding:0px} .ad-left .widget, .ad-right .widget, .ad-left .widget-content, .ad-right .widget-content { margin:0px;padding:0px;} .ad-left h2, .ad-right h2 {display:none} .ad-left .widget-content, .ad-right .widget-content {line-height:1;} .ad-left img, .ad-right img { top:32px; position:fixed; z-index:-1; opacity:0.7; width:120px; height:600px;} .ad-left a:link, .ad-right a:link { width:120px; height:600px; display:block; position:relative;} .ad-left:hover, .ad-right:hover{z-index:2} .ad-left .widget .widget-item-control img, .ad-right .widget .widget-item-control img {display:none;} Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2013/02/cara-menambahkan-widget-baru-di-sebelah.html#ixzz2a2fuUkoz
Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2013/02/cara-menambahkan-widget-baru-di-sebelah.html#ixzz2a2gVUD1d

Senin, 25 November 2013

kumpulan istilah sastra bagian 3


KUMPULAN ISTILAH SASTRA BAGIAN 3

1.       Ambiguitas
(1). Makna ganda yang terdapat pada kata atau kalimat yang digunakan dalam karya sastra untuk mendapatkan efek tertentu dalam karya sastra tersebut. (2) keraguan-raguan atau ketidakpastian dalam menafsirkan makna kata atau ungkapan dalam karya sastra karena adanya beberapa kemungkinan. (3) ketidakpastian dalam menafsirkan maksud dan makna suatu karya sastra karena adanya beberapa kemungkinan.

2.      Ambivalens
Dari istilah Bahasa Inggris, ambivalence makna istilah itu adalah ( 1) ketidakpastian dalam penilaian karena sikap mendua terhadap orang atau objek yang sama. ( 2) ketidakpastian yang terutama disebabkan ketidakmampuan memilih, atau berbuat sekaligus dua hal yang bertentangan.

3.      Ameliorasi
istilah gaya bahasa. Ameliorasi adalah perubahan makna kata yang mencerminkan makna sekarang lebih baik atau lebih terhormat dari sebelumnya. Contoh, kata “ wanita ” sekarang lebih tinggi derajatnya dari kata “ perempuan ”. ameliorasi adalah kebalikan dari peyorasi.

4.      Amfiteater
dalam bahasa inggris disebut amphitheatre. Amfiteater adalah bangunan berbentuk bulat elips dengan arena di tengah-tengahnya. Tempat duduk penonton melingkar makin jauh dari pusat dan makin tinggi ke belakang.

5.      Amplifikasi
Adalah pengembangan naskah berupa uraian, penjelasan atau penggunaan kata-kata oleh penyalin atau pembaca yang kemudian masuk ke dalam salinan berikutnya.

6.      Amplikasi
Gaya bahasa yang membeberkan sesuatu dengan panjang lebar, dengan segala seginya.
 
7.      Anabasis
Adalah bagian dari alur cerita yang menggambarkan penonjolan kejadian menuju klimaks.


8.      Anafora
Istilah gaya bahasa. Anaphora adalah pengulangan sebuah kata atau lebih pada awal beberapa larik sajak atau kalimat yang berurutan. Maksudnya untuk mencapai efek kesedapan bunyi atau keefektifan bahasa.
Contoh:

Meski Malino tidak berpohon lagi
Meski Losari tidak berair lagi
Meski Jeneponto tidak berkuda lagi
Meski Somba Opu tidak berpuing lagi

( dikutip dari penggalan puisi “ SUKMAKU DI TANAH MAKASSAR”, Karya ASIA RAMLI PRAPANCA).

9.      Anagoge
Anagoge adalah penafsiran atau penggunaan kata secara mistis atau spiritual, terutama sekali kata-kata yang dianggap berasal dari kitab suci. Mekah, misalnya adalah sebuah kota di Arab Saudi, tetapi juga merupakan anagoge untuk “ Kota Suci Umat Islam”.

10.  Anagram
Anagram adalah kata yang terjadi dengan menyusun kembali huruf-huruf sebuah kata lain atau sejumlah kata. Dalam aliran-aliran mistik dari Timur Tengah dan Timur, kombinasi huruf-huruf tertentu dianggap punya arti magis.

11.  Anagronisis
Adalah istilah Aristoteles dalam teorinya tentang tragedi untuk menggambarkan kesadaran protagonis akan keadaan yang menimpa dirinya, baik sebagai akibat perbuatannya sendiri maupun akibat nasib yang menimpa dirinya.

12.  Anakoluton
Istilah gaya bahasa. Gaya bahasa yang memulai kalimat dengan suatu masalah dan mengakhiri kalimat itu dengan masalah lain. Contoh: (a) kita tahu bagaimana korupsi di negara kita, tetapi sebaiknya kita ganti saja topik pembicaraan kita, (b) mereka sedang meneror kita dan adakah kalian menyadarinya?




13.  Anakronisme
Anakronisme dapat diartikan sebagai pelanggaran terhadap urutan atau keadaan waktu. Dalam drama atau cerita misalnya, bila pengarang menampilkan seseorang dari zaman dahulu dengan bahasa atau pakaian dari zaman sekarang.

Tidak ada komentar: