.content{z-index:1;} .ad-left, .ad-left img {left:0px} .ad-right, .ad-right img {right:0px} .ad-left, .ad-right {bottom:0px; min-width:0px; max-width:120px; height:100%; text-align:center; white-space: nowrap; position: absolute; z-index:0; overflow:hidden; margin:0px; padding:0px} .ad-left .widget, .ad-right .widget, .ad-left .widget-content, .ad-right .widget-content { margin:0px;padding:0px;} .ad-left h2, .ad-right h2 {display:none} .ad-left .widget-content, .ad-right .widget-content {line-height:1;} .ad-left img, .ad-right img { top:32px; position:fixed; z-index:-1; opacity:0.7; width:120px; height:600px;} .ad-left a:link, .ad-right a:link { width:120px; height:600px; display:block; position:relative;} .ad-left:hover, .ad-right:hover{z-index:2} .ad-left .widget .widget-item-control img, .ad-right .widget .widget-item-control img {display:none;} Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2013/02/cara-menambahkan-widget-baru-di-sebelah.html#ixzz2a2fuUkoz
Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2013/02/cara-menambahkan-widget-baru-di-sebelah.html#ixzz2a2gVUD1d

Senin, 25 November 2013

KUMPULAN ISTILAH SASTRA 2

teman-teman blogger, maaf nih karena ane baru sempat untuk menambah postingan blogg ane yang berkaitan dengan KUMPULAN ISTILAH SASTRA,,, untuk teman-teman yang sering searching internet dan mencari tahu tentang istilah sastra, nih ane tambahin daftar istilahnya, siapa tahu bisa membantu. selamat berselancar ya,,,,,,,,,,,


KUMPULAN ISTILAH SASTRA BAGIAN 2

1.      Alegori mimpi
Dalam bahasa inggris disebut dream allegory/ dream vision. Maksud istilah ini adalah sarana yang dipakai dalam karya naratif, menyajikan cerita yang seakan –akan dibawakan oleh seseorang yang tertidur dan bermimpikan cerita tersebut.

2.      Alienasi
Penarikan diri atau pengasingan dari kelompok atau masyarakat.

3.      Alih tangan
Arti dari kata ini adalah transmisi, maksudnya pewarisan (suatu karya sastra) dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

4.      Aliterasi
Adalah ulangan bunyi konsonan, lazimnya pada awal kata yang berurutan untuk mencapai kesedapan bunyi. Contohnya adalah pada sajak Rustam Effendi : ”  bukan beta bijak berperi “.
                                            
5.      Alonim
Nama orang lain yang dipakai oleh seorang pengarang untuk nama samaran.

6.      Alturisme
adalah paham atau sikap yang memperlihatkan kesukaannya memperhatikan kepentingan orang lain di samping kepentingan diri sendiri. Kebalikan dari egoisme.

7.      Alur
Alur atau plot adalah jalinan peristiwa dalam karya sastra untuk mencapai efek tertentu. Keterkaitan peristiwa di dalam karya sasta dapat diwujudkan oleh hubungan temporal    (waktu) dan oleh hubungan kausal ( sebab akibat).
Macam- macam alur :
a.      Alur bawahan
Dalam bahasa Inggris disebut subplot.  Alur bawahan adalah alur kedua atau tambahan yang disusupkan di sela-sela bagian alur utama sebagai variasi.




b.      Alur balik
Dalam bahasa Inggris disebut periperty. Maksud istilah ini adalah perubahan kehidupan protagonist berlawanan dari yang diharapkan, misalnya dari kehidupan yang penuh penderitaan  menjadi kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan.
c.       Alur buka
Adalah alur yang menggambarkan suatu peristia mulai menimbulkan masalah dalam satu rangkaian cerita yang akan berlanjut dengan peristiwa lainnya.
d.      Alur erat
Dalam bahasa inggris disebut organic plot, alur erat adalah jalinan peristiwa yang sangat padu di dalam suatu karya sastra, kalau salah satu peristiwa ditiadakan, keutuhan cerita akan terganggu.
e.      Alur konvensional
Adalah alur yang umumnya dijumpai dalam pelukisan peristiwa yang dimulai dengan, (a) adanya peristiwa, (b) peristiwa mulai memuncak, ( c) peristia sedang memuncak, ( d) peristiwa mulai turun (e) peristiwa mendapat penyelesaiannya.
f.        Alur longgar
Dalam bahasa asing disebut loose plot. Maksudnya adalah jalinan peristiwa yang tidak padu di dalam sebuah karya sastra, sehingga jika ada bagian cerita  yang dihilangkan maka jalan ceritanya tidak akan terganggu.
g.      Alur menanjak
Dalam bahasa inggris disebut rising plot. Maksudnya adalah jalinan peristiwa dalam sebuah cerita yang semakin menanjak.
h.      Alur puncak
Alur yang menggambarkan peristiwa yang sedang berada di puncak kemelut sekaligus merupakan klimaks dalam cerita.
i.        Alur renggang
Alur yang menggambarkan peristiwa demi peristiwa mempunyai jalinan hubungan yang renggang. Alur ini umumnya dijumpai dalam cerita yang mempunyai jumlah pelaku yang banyak, hingga hubungan antarpelaku dan peristiwa menjadi renggang atau jarang terjadi.
j.        Alur sampingan
Alur yang terdapat dalam bingkai cerita. Alur sampingan merupakan peristiwa-peristiwa kecil yang melingkari peristiwa pokok yang merupakan unsur utama dalam cerita tersebut.  
k.      Alur sorot balik
Dalam bahasa Inggris, disebut flash back. Maksud istilah ini adalah alur yang dimulai dengan menggambarkan bagian akhir dari suatu peristiwa yang kemudian diteruskan dengan peristiwa awal atau tengah yang membangun suatu cerita.

l.        Alur tengah
Alur yang menggambarkan suatu peristiwa sedang bergerak ke peristiwa berikutnya yang semakin memuncak, atau ke peristiwa yang semakin menurun.
m.    Alur tutup
Alur yang menggambarkan suatu peristiwa mulai menampakkan pemecahan masalah, hingga kemelut peristiwa yang terjadi sebelumnya mendapat penyelesaiannya.
n.      Alur utama
Alur yang merupakan jalinan berbagai peristiwa pokok yang terdapat dalam suatu cerita yang merupakan unsur utama dari cerita tersebut.
8.      Alusi
Adalah suatu jenis majas pertautan yang merujuk secara tak langsung ke suatu karya sastra, salah seorang tokoh, atau suatu peristiwanya. Istilah lainnya adalah kilatan.
9.      Alusio
Alusio adalah sebuah majas. Alusio mempunyai beberapa pengertian antara lain adalah:
1.      Gaya bahasa yang menggunakan penunjukan tak langsung terhadap sifat tokoh yang terdapat dalam karya sastra yang sudah terkenal untuk mengiaskan apa yang dimaksud pengarang. Contohnya (a) sifatnya sudah seperti Koboi Amerika saja. (b) pasangan kekasih itu tak ubahnya seperti Romeo dan Juliet saja.
2.      Gaya bahasa yang melukiskan suatu keadaan dengan jalan menggunakan kalimat yang di dalamnya terdapat peribahasa atau pantun yang belum selesai. Contoh ( a) begitulah, sudah gaharu cendana pula. (b) usahaknalah, kalau tak emas bungkal diasah.
10.  Amanat
Dalam bahasa Inggris disebut message. Pesan yang ingin disampaikan pengarang lewat karyanya kepada pembaca atau pendengar.

Tidak ada komentar: