Langsung ke konten utama

rencana pembelajaran berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                          :   2 X 35 menit

MENDENGARKAN
A.    Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu  Teks yang dibacakan/didengarkan

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Mendengarkan  pembacaan teks
§  Siswa dapat Melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan  teks
§  Siswa dapat Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
§  Siswa dapat Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Teks Bacaan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang akan didengar
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan pembacaan teks           
F Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
F Meringkas teks yang didengarkan
F Menceritakan kembali isi teks yang didengar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca  buku lain yang relevan dengan Materi pelajaran

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bahasa Indonesia Kelas 6 Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan  pembacaan teks
·  Siswa dapat melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan     teks
·  Siswa dapat menentukan hal-hal  penting dari teks yang  didengarkan
·  Siswa dapat meringkas teks yang  didengarkan berdasar-kan hal-hal    penting/ pokok

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Lengkapi-lah    pernyataan yang sesuai dengan     teks!
·  Ringkaslah teks yang  didengar-kan berdasar-kan hal-hal    penting / pokok!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI



ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia           
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :   6 / pertama
Standar Kompetansi   :   1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                          :   2 X 35 menit

MENDENGARKAN
A.    Kompetensi Dasar
1.2       Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Mendengarkan cerita anak
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesua dengan cerita yang didengar
§  Siswa dapat Menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
§  Siswa dapat Menentukan latar cerita
§  Siswa dapat Menceritakan  kembali cerita   yang didengar

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Cerita anak

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal            :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah dibaca atau didengar
§  Kegiatan Inti   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan cerita anak       
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
F Menentukan latar  cerita
F Menceritakan kembali cerita yang didengar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca  buku cerita anak

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bahasa Indonesia Kelas 6  Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan cerita anak
·  Siswa dapat menjawab             pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
·  Siswa dapat menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
·  Siswa dapat menentukan latar cerita
·  Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
Lisan
Tertulis
Penugasan
Uraian
·  Jawablah             pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                            ............, ......................20 .
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   6/ Pertama
Standar Kompetensi   :   2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                          :   2 X 35 menit

BERBICARA
A.    Kompetensi Dasar
2.1   Menyampaikan pesan / informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat memahami berbagai  jenis iklan
§  Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
§  Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthiness), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Teks Iklan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal            :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang iklan  yang pernah dibaca atau didengar
§  Kegiatan Inti   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami aneka  jenis iklan
F Menyampaikan isi iklan secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun iklan

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        : Buku Bahasa Indonesia Kelas 6  Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami berbagai                              jenis iklan
·  Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
·  Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Carilah  iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   6/ Pertama
Standar Kompetensi   :   2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                          :   2 X 35 menit

BERBICARA
A.    Kompetensi Dasar
2.2  Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alasan yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

B.     Tujuan Pembelajaran**          
§  Siswa dapat Memperagakan  percakapan  bersama teman
§  Siswa dapat Membuat  kalimat  pujian
§  Siswa dapat Membuat percakapan sederhana  dengan menggunakan kalimat pujian
§  Siswa dapat Memperagakan percakapan yang     telah dibuat

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthiness), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Kalimat pujian

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah diucapkan atau didengarnya
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyampaikan informasi penting secara lisan   
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan wawancara bersama teman
F Menycatat informasi penting dalam wawancara tersebut
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun kalimat pujian

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat  memperagakan perca-kapan  bersama teman
·  Siswa dapat membuat kalimat pujian
·  Siswa dapat membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
·  Siswa dapat memperagakan percakapan  yang telah dibuat

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah beberapa kalimat pujian !


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          :   2 X 35 menit

MEMBACA
A.    Kompetensi Dasar
3.1   Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
§  Siswa dapat Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
§  Siswa dapat Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Laporan hasil pengamatan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan pengamatan   yang akan dibaca
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca laporan hasil pengamatan
F Membahas isi laporan hasil pengamatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
·  Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
·  Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan berdasarkan isi laporan pengama-tan !


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          :   2 X 35 menit

MEMBACA
A.    .Kompetensi Dasar
3.2   Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus ( majalahanak,Koran dll )

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Membaca intensif teks bacaan
§  Siswa dapat Menyatakan pernyataan  yang sesuai dengan isi bacaan
§  Siswa dapat Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
§  Siswa dapat Menanggapi isi bacaan

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Teks Bacaan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan  yang  akan dibaca atau didengar
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca intensif teks bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
F Mencatat informasi penting dari bacaan
F Menanggapi isi bacaan  
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

E.     Metode / Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian             
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa membaca intensif teks     bacaan
·  Siswa menyatakan pernyataan     yang sesuai dengan isi bacaan
·  Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan
·  Siswa menanggapi isi bacaan

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah pernyataan yang  sesuai dengan isi bacaan !
·  Buatlah catatan informasi- informasi penting dari bacaan!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit

 MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.1.Mengisi formulir  ( pendaftaran , kartu anggota, wesel pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll ) dengan benar

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Memahami   penulisan wesel pos
§  Siswa dapat Mengisi wesel pos berdasarkan keterangan yang  sudah ditentukan
§  Siswa dapat Memahami kalimat anjuran
§  Siswa dapat Memilih kalimat  anjuran yang tepat
§  Siswa dapat Membuat kalimat  anjuran

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Wesel pos

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami  cara penulisan wesel pos
F Memahami kalimat anjuran yang tepat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang sudah ditentukan                     
F Membuat kalimat anjuran
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Mengisi  blanko wesel pos dan mengirimkannya ke alamat teman,saudara ,atau orang tua

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami   penulisan wesel pos
·  Siswa dapat mengisi wesel pos   berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan
·  Siswa dapat memahami kalimat  anjuran
·  Siswa dapat memilih kalimat  anjuran yang tepat
·  Siswa dapat membuat kalimat  anjuran
Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Isilah  wesel pos   berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit

 MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.2. Membuat ringkasan  dari teks yang dibaca atau didengar

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Membaca cerita   pendek
§  Siswa dapat Menjawab   pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
§  Siswa dapat Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
§  Siswa dapat Meringkas cerita  yang dibaca berdasarkan urutan peristiwa
§  Siswa dapat Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang  terdapat dalam teks bacaan
§  Siswa dapat Mencari antonym  kata yang terdapat dalam  bacaan
    
v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                            
C.    Materi Pokok
§  Teks Cerita pendek

D.    Pengalaman Belajar
Apersepsi  dan Motivasi :
§  Kegiatan Awal        :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan dibacakan
§  Kegiatan Inti          
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca cerita pendek
F Menjawab pertanyaan berdasrkan cerita pendek    yang dibaca                   
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
F Meringkas cerita pendek yang dibaca
F Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam ceriota yang dibaca
F Mencari antonym kata-kata yang terdapat dalam  cerita yang dibaca
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya
F Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca
E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat membaca cerita pendek
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasar-kan cerita  yang dibaca
·  Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
·  Siswa dapat meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan  peristiwa
·  Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
·  Siswa dapat mencari antonym  kata yang terdapat dalam bacaan

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan berdasar-kan cerita  yang di baca!
·  Buatlah ringkasan cerita yang dibaca berdasar-kan urutan  peristiwa!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI



ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit

 MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan memperhatikan  penggunaan ejaan yang baik dan benar  Tanda titik dua ( : )

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Memahami penggunaan  tanda titik dua (:) dalam teks percakapan
§  Siswa dapat Memperagakan teks percakapan
§  Siswa dapat Mencatat informasi  penting yang terdapat dalam  teks percakapan
§  Siswa dapat Melengkapi teks  percakapan yang belum selesai
§  Siswa dapat Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Teks Percakapan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan  yang  akan dibaca atau didengarkan
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan teks percakapan
F Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
F Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
F Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks          percakapan
·  Siswa memperagakan teks   percakapan
·  Siswa mencatat informasi  penting yang terdapat dalam teks   percakapan
·  Siswa melengkapi teks  percakapan yang belum selesai
·  Siswa memperagakan percakapan yang dibuat sendiri

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah catatan informasi  penting yang terdapat dalam teks   percaka-pan!







FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







 




 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit

 MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.4   Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan  makna puisi           

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Memahami cara   mengubah puisi menjadi prosa
§  Siswa dapat Membaca puisi dengan  penghayatan yang baik
§  Siswa dapat Mempara frasekan puisi
   
v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                             
C.    Materi Pokok
§  Puisi

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca puisi dengan penghayatan yang baik                       
F Memparafrasekan puisi
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Memparafrasekan puisi lain dan membacakan hasilnya di depan kelas

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami cara   mengubah puisi menjadi prosa
·  Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan yang baik
·  Siswa dapat memparafrasekan puisi
Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jelaskan cara   mengubah puisi menjadi prosa!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
       
          Mengetahui                                                                             
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001



Komentar

Postingan populer dari blog ini

sukmaku di tanah makassar

SUKMAKU DI TANAH MAKASSAR (oleh: Asia Ramli Prapanca) Sukmaku di Tanah Makassar (pelan) Negeri bayang-bayang (meninggi) Negeri timur matahari terbit Gunung-gunung perkasa (biasa) Lembah-lembah mengangah Pohon-pohon purba Kuburan-kuburan tua (turun) Di dalam kelambu penuh dupa (pelan) Berhadap-hadaplah dengan dewata (meninggi) Dengan berlapis – lapis pakaian sutera (biasa) Musik dan tari saling berlaga (turun) Sukmaku di Tanah Makassar (penekanan) Memburu anoa di rimba belantara (satu napas) Menangkap kupu-kupu di tebing-tebing terjal Mengejar derai-derai daunan basah Memanjat pohon-pohon lontar Di bawah naungannya Bertempat gelanggang Sabungan ayam Di belakang sekian gumam sinrilik Siap membunuh kekecewaan dengan badik dan badik dan tukul besi Sukmaku di Tanah Makassar (biasa) Bersayap angin mammiri bersiul membelai kota (biasa) Dengan nilai – nilai Menunggang kuda jantan dengan lari kencang (penekanan) Membawa impian

cerita makassar (rupama)" I DAYANG MULLI DAN I LAILARA"

ayo, adik-adik!,,,, siapa yang masih sering didongengkan jika mau tidur?......semoga saja masih banyak di antara adik-adik yang bisa mendengarkan dongeng dari ayah ibunya ya sebelum matanya terpejam,,,,,sebab ternyata seorang anak yang sering mendengarkan dongeng di masa kecilnya maka akan tumbuh menjadi anak yang lebih peka terhadap kondisi sosial di sekelilingnya lho,,,tapi tentunya hal tersebut dipengaruhi oleh jenis dongeng yang sifatnya memiliki nilai-nilai positif. nah berikut ini ada sebuah dongeng dari Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di daerah Pesisir Pantai Barombong Makassar. judul ceritanya adalah " I DAYANG MULLI DAN I LAILARA", ceritanya seru lho.... dan membuat kita merasa terhanyut di dalamnya. cerita ini juga yang mengantarkan teman kita " Sindiana", seorang murid kelas IV SD Negeri Kaccia kota Makassar melaju ke babak grand final STORY TELLING tingkat KOTA MAKASSAR TAHUN 2013 dan masih akan berjuang memperebutkan posisi untuk melaju ke tingkat p

ARU TU BARANINA GOWA

ARU TUBARANINA GOWA BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM ATTA……..KARAENG TABE’ KIPAMMOPORANG MAMA’ RIDALLEKANG LABBIRITTA RISA’RI KARATUANTA RIEMPOANG MATINGGITA INAKKE MINNE, KARAENG LAMBARA TATASSA’LA’NA GOWA NAKARAPPEKANGI SALLANG, KARAENG PANGNGULU RIBARUGAYA NANATEPOKANGI SALLANG PASORANG ATTANGNGA PARANG INAI-INAIMO SALLANG, KARAENG TAMAPPATTOJENGI TOJENGA TAMAPPIADAKI ADAKA KUSALAGAI SIRINNA KUISARA PARALLAKKENNA BERANGJA KUNIPATEBBA PANGKULU KUNISOEYANG IKATTE ANGING, KARAENG NAIKAMBE LEKOK KAYU AMMIRI’KO ANGING NAMARUNANG LEKOK KAYU IYA SANI MADIDIYAJI NURUNANG IKATTE JE’NE, KARAENG NAIKAMBE BATANG MAMMANYU’ ASSOLONGKO JE’NE NAMAMMANYU BATANG KAYU IYA SANI SOMPO BONANGPI KIANYU IKATTE JARUNG, KARAENG NAIKAMBE BANNANG PANJAI TA’LEKO JARUNG NAMAMMINAWANG BANNANG PANJAI IYA SANI LAMBUSUPPI NAKONTU TOJENG MAKKANAMAMAKI MAE, KARAENG NAIKAMBE MAPPA’JARI MANNYABBU MAMAKI MAE KARAENG NAIKAMBE MAPPA’RUPA PUNNA SALLANG TAKAMMAYA ARUKU RI D