Langsung ke konten utama

Pertemuan dengan Sang Idola Munif Chatib

Pak Munif!?....  begitulah saya memanggil nama seorang bapak setengah baya yang lewat di dekatku. entah mengapa saya spontan memanggil nama itu padahal saya belum pernah bertemu sebelumya, mungkin inilah insting dari salah satu kecerdasanku menebak ( itu termasuk jenis kecerdasan apa yah Pak Munif?, yang jelas jangan bilang saya berbakat jadi fortune teller, hehehe), namun sejenak pun berbalik ke arahku setelah nama itu ku lontarkan sambil membalasku dengan senyum yan sangat hangat. pertemuan dengan beliau sungguh sangat mengesankan ( seminar tanggal 29 September 2012, di Gedung Graha Pena lantai 19). saya tidak pernah menyangka hal itu akan terwujud secepat itu, hanya berselang 2 Minggu setelah saya membaca buku beliau yang berjudul " gurunya manusia", saya pun langsung jatuh hati untuk ingin tahu lebih banyak mengenai penulisnya. buku tersebut saya dapatkan dari seorang teman mahasiswa angkatan junior, sebut saja namanya " Heri", dialah yang pertama kali menawarkanku buku tersebut, katanya, " kak dahlan, mauki baca- baca buku pendidikan, baguski kak, judulnya " gurunya manusia". ", sejenak saya berpikir , itu buku apaan?, kok judulnya seperti itu?,,,, tapi aku pun tak ingin mengecewakan tawarannya, langsung saja saya jawab ", sini mi itu buku yang kamu bilang, saya kebetulan ada waktu luang untuk membacanya". dua hari berlalu , buku itu telah ku lahap habis, aku membacanya sungguh terkesima, apalagi di dalamnya saya temukan salah satu tokoh pendidikan favoritku, sang pencetus ide INDONESIA MENGAJAR, Bapak DR. Anies Baswedan, di buku itu beliau menuliskan sebuah kata sambutan yang sungguh membuat saya merasa berpikir lebih dalam tentang makna kata tersebut " STOP CURSING DARKNESS, LETS LIGHT MORE AND MORE CANDLES"kembali ke pertemuanku dengan beliau, aku pun sangat menikmati itu, beliau sungguh sosok yang rendah hati sebagai penulis bestseller, saya tambah kagum mendengarkan cerita beliau yang dengan optimis akan pendidikan Indonesia di masa depan ketika guru-guru di negeri ini mampu " mengajar dengan hati". dalam seminar tersebut saya melhat, ketidakantusiasan peserta untuk bertanya disebabkan karena hampir 90% dari peserta tersebut tidak atau belum tahu siapa sebenarnya beliau. saya terharu ketika beliau bercerita tentang bagaimana pendidikan di negeri kita yang belum terarah dalam mengarahkan bakat anak didik kita. sangat banyak hal yang ingin direvisi dari kurikulum pendidikan negeri kaya raya ini. sebagai contoh, di Indonesia, materi tentang otonomi daerah ( otoda) diajarkan di bangku SD, padahal di negara maju seperti Amerika Serikat materi ini diajarkan di jenjang perguruan tinggi, ini sama halnya dengan "memberikan makan biji jagung kepada anak ayam yang baru saja menetas" seberapa pun kuat dan gigihnya anak ayam tersebut untuk menelan biji jagung itu, pasti tidak akan pernah bisa, sehingga ia akan trauma ketika melihat biji jagung itu . sama halnya dengan anak SD yang diberikan pelajaran yang tidak sesuai dengan bakat dan keinginannya, maka anak akan jenuh dalam proses tersebut. wahh pokoknya sehari bertemu pak Munif Chatib membuat saya lebih sadar dan introspeksi diri dengan keadaan saya dan cara guru-gur di tempat saya mengajar dalam memandang sosok anak itu seperti apa dan layaknya harus bagaimana. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sukmaku di tanah makassar

SUKMAKU DI TANAH MAKASSAR (oleh: Asia Ramli Prapanca) Sukmaku di Tanah Makassar (pelan) Negeri bayang-bayang (meninggi) Negeri timur matahari terbit Gunung-gunung perkasa (biasa) Lembah-lembah mengangah Pohon-pohon purba Kuburan-kuburan tua (turun) Di dalam kelambu penuh dupa (pelan) Berhadap-hadaplah dengan dewata (meninggi) Dengan berlapis – lapis pakaian sutera (biasa) Musik dan tari saling berlaga (turun) Sukmaku di Tanah Makassar (penekanan) Memburu anoa di rimba belantara (satu napas) Menangkap kupu-kupu di tebing-tebing terjal Mengejar derai-derai daunan basah Memanjat pohon-pohon lontar Di bawah naungannya Bertempat gelanggang Sabungan ayam Di belakang sekian gumam sinrilik Siap membunuh kekecewaan dengan badik dan badik dan tukul besi Sukmaku di Tanah Makassar (biasa) Bersayap angin mammiri bersiul membelai kota (biasa) Dengan nilai – nilai Menunggang kuda jantan dengan lari kencang (penekanan) Membawa impian

cerita makassar (rupama)" I DAYANG MULLI DAN I LAILARA"

ayo, adik-adik!,,,, siapa yang masih sering didongengkan jika mau tidur?......semoga saja masih banyak di antara adik-adik yang bisa mendengarkan dongeng dari ayah ibunya ya sebelum matanya terpejam,,,,,sebab ternyata seorang anak yang sering mendengarkan dongeng di masa kecilnya maka akan tumbuh menjadi anak yang lebih peka terhadap kondisi sosial di sekelilingnya lho,,,tapi tentunya hal tersebut dipengaruhi oleh jenis dongeng yang sifatnya memiliki nilai-nilai positif. nah berikut ini ada sebuah dongeng dari Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di daerah Pesisir Pantai Barombong Makassar. judul ceritanya adalah " I DAYANG MULLI DAN I LAILARA", ceritanya seru lho.... dan membuat kita merasa terhanyut di dalamnya. cerita ini juga yang mengantarkan teman kita " Sindiana", seorang murid kelas IV SD Negeri Kaccia kota Makassar melaju ke babak grand final STORY TELLING tingkat KOTA MAKASSAR TAHUN 2013 dan masih akan berjuang memperebutkan posisi untuk melaju ke tingkat p

ARU TU BARANINA GOWA

ARU TUBARANINA GOWA BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM ATTA……..KARAENG TABE’ KIPAMMOPORANG MAMA’ RIDALLEKANG LABBIRITTA RISA’RI KARATUANTA RIEMPOANG MATINGGITA INAKKE MINNE, KARAENG LAMBARA TATASSA’LA’NA GOWA NAKARAPPEKANGI SALLANG, KARAENG PANGNGULU RIBARUGAYA NANATEPOKANGI SALLANG PASORANG ATTANGNGA PARANG INAI-INAIMO SALLANG, KARAENG TAMAPPATTOJENGI TOJENGA TAMAPPIADAKI ADAKA KUSALAGAI SIRINNA KUISARA PARALLAKKENNA BERANGJA KUNIPATEBBA PANGKULU KUNISOEYANG IKATTE ANGING, KARAENG NAIKAMBE LEKOK KAYU AMMIRI’KO ANGING NAMARUNANG LEKOK KAYU IYA SANI MADIDIYAJI NURUNANG IKATTE JE’NE, KARAENG NAIKAMBE BATANG MAMMANYU’ ASSOLONGKO JE’NE NAMAMMANYU BATANG KAYU IYA SANI SOMPO BONANGPI KIANYU IKATTE JARUNG, KARAENG NAIKAMBE BANNANG PANJAI TA’LEKO JARUNG NAMAMMINAWANG BANNANG PANJAI IYA SANI LAMBUSUPPI NAKONTU TOJENG MAKKANAMAMAKI MAE, KARAENG NAIKAMBE MAPPA’JARI MANNYABBU MAMAKI MAE KARAENG NAIKAMBE MAPPA’RUPA PUNNA SALLANG TAKAMMAYA ARUKU RI D