.content{z-index:1;} .ad-left, .ad-left img {left:0px} .ad-right, .ad-right img {right:0px} .ad-left, .ad-right {bottom:0px; min-width:0px; max-width:120px; height:100%; text-align:center; white-space: nowrap; position: absolute; z-index:0; overflow:hidden; margin:0px; padding:0px} .ad-left .widget, .ad-right .widget, .ad-left .widget-content, .ad-right .widget-content { margin:0px;padding:0px;} .ad-left h2, .ad-right h2 {display:none} .ad-left .widget-content, .ad-right .widget-content {line-height:1;} .ad-left img, .ad-right img { top:32px; position:fixed; z-index:-1; opacity:0.7; width:120px; height:600px;} .ad-left a:link, .ad-right a:link { width:120px; height:600px; display:block; position:relative;} .ad-left:hover, .ad-right:hover{z-index:2} .ad-left .widget .widget-item-control img, .ad-right .widget .widget-item-control img {display:none;} Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2013/02/cara-menambahkan-widget-baru-di-sebelah.html#ixzz2a2fuUkoz
Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2013/02/cara-menambahkan-widget-baru-di-sebelah.html#ixzz2a2gVUD1d

Kamis, 29 Maret 2012

rencana pembelajaran berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                          :   2 X 35 menit

MENDENGARKAN
A.    Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu  Teks yang dibacakan/didengarkan

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Mendengarkan  pembacaan teks
§  Siswa dapat Melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan  teks
§  Siswa dapat Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
§  Siswa dapat Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Teks Bacaan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang akan didengar
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan pembacaan teks           
F Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
F Meringkas teks yang didengarkan
F Menceritakan kembali isi teks yang didengar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca  buku lain yang relevan dengan Materi pelajaran

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bahasa Indonesia Kelas 6 Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan  pembacaan teks
·  Siswa dapat melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan     teks
·  Siswa dapat menentukan hal-hal  penting dari teks yang  didengarkan
·  Siswa dapat meringkas teks yang  didengarkan berdasar-kan hal-hal    penting/ pokok

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Lengkapi-lah    pernyataan yang sesuai dengan     teks!
·  Ringkaslah teks yang  didengar-kan berdasar-kan hal-hal    penting / pokok!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI



ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia           
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :   6 / pertama
Standar Kompetansi   :   1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                          :   2 X 35 menit

MENDENGARKAN
A.    Kompetensi Dasar
1.2       Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Mendengarkan cerita anak
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesua dengan cerita yang didengar
§  Siswa dapat Menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
§  Siswa dapat Menentukan latar cerita
§  Siswa dapat Menceritakan  kembali cerita   yang didengar

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Cerita anak

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal            :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah dibaca atau didengar
§  Kegiatan Inti   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan cerita anak       
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
F Menentukan latar  cerita
F Menceritakan kembali cerita yang didengar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca  buku cerita anak

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bahasa Indonesia Kelas 6  Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan cerita anak
·  Siswa dapat menjawab             pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
·  Siswa dapat menentukan  tokoh dan sifat tokoh cerita
·  Siswa dapat menentukan latar cerita
·  Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
Lisan
Tertulis
Penugasan
Uraian
·  Jawablah             pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                            ............, ......................20 .
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   6/ Pertama
Standar Kompetensi   :   2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                          :   2 X 35 menit

BERBICARA
A.    Kompetensi Dasar
2.1   Menyampaikan pesan / informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat memahami berbagai  jenis iklan
§  Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
§  Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthiness), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Teks Iklan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal            :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang iklan  yang pernah dibaca atau didengar
§  Kegiatan Inti   :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami aneka  jenis iklan
F Menyampaikan isi iklan secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun iklan

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        : Buku Bahasa Indonesia Kelas 6  Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami berbagai                              jenis iklan
·  Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
·  Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Carilah  iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   6/ Pertama
Standar Kompetensi   :   2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                          :   2 X 35 menit

BERBICARA
A.    Kompetensi Dasar
2.2  Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alasan yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

B.     Tujuan Pembelajaran**          
§  Siswa dapat Memperagakan  percakapan  bersama teman
§  Siswa dapat Membuat  kalimat  pujian
§  Siswa dapat Membuat percakapan sederhana  dengan menggunakan kalimat pujian
§  Siswa dapat Memperagakan percakapan yang     telah dibuat

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthiness), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Kalimat pujian

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah diucapkan atau didengarnya
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyampaikan informasi penting secara lisan   
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan wawancara bersama teman
F Menycatat informasi penting dalam wawancara tersebut
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun kalimat pujian

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat  memperagakan perca-kapan  bersama teman
·  Siswa dapat membuat kalimat pujian
·  Siswa dapat membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
·  Siswa dapat memperagakan percakapan  yang telah dibuat

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah beberapa kalimat pujian !


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          :   2 X 35 menit

MEMBACA
A.    Kompetensi Dasar
3.1   Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
§  Siswa dapat Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
§  Siswa dapat Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Laporan hasil pengamatan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan pengamatan   yang akan dibaca
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca laporan hasil pengamatan
F Membahas isi laporan hasil pengamatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
·  Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
·  Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan berdasarkan isi laporan pengama-tan !


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          :   2 X 35 menit

MEMBACA
A.    .Kompetensi Dasar
3.2   Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus ( majalahanak,Koran dll )

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Membaca intensif teks bacaan
§  Siswa dapat Menyatakan pernyataan  yang sesuai dengan isi bacaan
§  Siswa dapat Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
§  Siswa dapat Menanggapi isi bacaan

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Teks Bacaan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan  yang  akan dibaca atau didengar
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca intensif teks bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
F Mencatat informasi penting dari bacaan
F Menanggapi isi bacaan  
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

E.     Metode / Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian             
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa membaca intensif teks     bacaan
·  Siswa menyatakan pernyataan     yang sesuai dengan isi bacaan
·  Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan
·  Siswa menanggapi isi bacaan

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah pernyataan yang  sesuai dengan isi bacaan !
·  Buatlah catatan informasi- informasi penting dari bacaan!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit

 MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.1.Mengisi formulir  ( pendaftaran , kartu anggota, wesel pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll ) dengan benar

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Memahami   penulisan wesel pos
§  Siswa dapat Mengisi wesel pos berdasarkan keterangan yang  sudah ditentukan
§  Siswa dapat Memahami kalimat anjuran
§  Siswa dapat Memilih kalimat  anjuran yang tepat
§  Siswa dapat Membuat kalimat  anjuran

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Wesel pos

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami  cara penulisan wesel pos
F Memahami kalimat anjuran yang tepat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang sudah ditentukan                     
F Membuat kalimat anjuran
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Mengisi  blanko wesel pos dan mengirimkannya ke alamat teman,saudara ,atau orang tua

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami   penulisan wesel pos
·  Siswa dapat mengisi wesel pos   berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan
·  Siswa dapat memahami kalimat  anjuran
·  Siswa dapat memilih kalimat  anjuran yang tepat
·  Siswa dapat membuat kalimat  anjuran
Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Isilah  wesel pos   berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit

 MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.2. Membuat ringkasan  dari teks yang dibaca atau didengar

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§  Siswa dapat Membaca cerita   pendek
§  Siswa dapat Menjawab   pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
§  Siswa dapat Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
§  Siswa dapat Meringkas cerita  yang dibaca berdasarkan urutan peristiwa
§  Siswa dapat Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang  terdapat dalam teks bacaan
§  Siswa dapat Mencari antonym  kata yang terdapat dalam  bacaan
    
v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                            
C.    Materi Pokok
§  Teks Cerita pendek

D.    Pengalaman Belajar
Apersepsi  dan Motivasi :
§  Kegiatan Awal        :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan dibacakan
§  Kegiatan Inti          
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca cerita pendek
F Menjawab pertanyaan berdasrkan cerita pendek    yang dibaca                   
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
F Meringkas cerita pendek yang dibaca
F Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam ceriota yang dibaca
F Mencari antonym kata-kata yang terdapat dalam  cerita yang dibaca
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya
F Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca
E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat membaca cerita pendek
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasar-kan cerita  yang dibaca
·  Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
·  Siswa dapat meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan  peristiwa
·  Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
·  Siswa dapat mencari antonym  kata yang terdapat dalam bacaan

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan berdasar-kan cerita  yang di baca!
·  Buatlah ringkasan cerita yang dibaca berdasar-kan urutan  peristiwa!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI



ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit

 MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan memperhatikan  penggunaan ejaan yang baik dan benar  Tanda titik dua ( : )

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Memahami penggunaan  tanda titik dua (:) dalam teks percakapan
§  Siswa dapat Memperagakan teks percakapan
§  Siswa dapat Mencatat informasi  penting yang terdapat dalam  teks percakapan
§  Siswa dapat Melengkapi teks  percakapan yang belum selesai
§  Siswa dapat Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Teks Percakapan

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan  yang  akan dibaca atau didengarkan
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan teks percakapan
F Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
F Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
F Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks          percakapan
·  Siswa memperagakan teks   percakapan
·  Siswa mencatat informasi  penting yang terdapat dalam teks   percakapan
·  Siswa melengkapi teks  percakapan yang belum selesai
·  Siswa memperagakan percakapan yang dibuat sendiri

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah catatan informasi  penting yang terdapat dalam teks   percaka-pan!







FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







 




 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Kaccia
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit

 MENULIS
A.    Kompetensi Dasar
4.4   Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan  makna puisi           

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Memahami cara   mengubah puisi menjadi prosa
§  Siswa dapat Membaca puisi dengan  penghayatan yang baik
§  Siswa dapat Mempara frasekan puisi
   
v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                             
C.    Materi Pokok
§  Puisi

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca puisi dengan penghayatan yang baik                       
F Memparafrasekan puisi
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Memparafrasekan puisi lain dan membacakan hasilnya di depan kelas

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami cara   mengubah puisi menjadi prosa
·  Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan yang baik
·  Siswa dapat memparafrasekan puisi
Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jelaskan cara   mengubah puisi menjadi prosa!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
       
          Mengetahui                                                                             
        Kepala Sekolah SD Negei Kaccia                                Guru Kelas VI




ABDUL GANI, S.Pd                                                    MUHAMMAD DAHLAN
NIP : 19630712 198803 1 022                                       NIP : 19860824 20080408 1 001



Tidak ada komentar: